Selasa, 19 Maret 2013

BERAKHIRNYA ORDE LAMA

Berakhirnya Orde Lama (bag. 1)
oleh: B.A.

Aksi massa Tritura
Sekitar 48 tahun silam, peristiwa G30S sangat menggemparkan Indonesia. Suatu peristiwa yang mampu menggoyang kursi presiden, kala itu dijabat oleh Soekarno. Penculikan dan pembunuhan jendral-jendral oleh kelompok yang disinyalir PKI itu diduga sebagai bentuk kudeta terhadap Soekarno.

Kondisi buruk tadi semakin memburuk bersamaan dengan naiknya harga barang kebutuhan pokok. Tak mengherankan kondisi sosial politik Indonesia kala itu benar-benar tak karuan. Rakyat bereaksi terhadap kondisi itu. Rakyat menuntut tiga hal, yaitu bubarkan PKI, demisionerkan Kabinet Dwikora, dan turunkan harga. Ketiga tuntutan ini dikenal dengan nama tritura (tiga tuntutan rakyat). 
Demonstrasi diawali oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) pada 10 Januari 1966. Dua hari kemudian, kesatuan-kesatuan aksi (KAMI, KAPI, Front Pancasila) bersama-sama menyuarakan aspirasinya ke DPR-GR. Gerakan protes tersebut mendapat dukungan dari ABRI.

Dalam kondisi yang labil itu, Presiden Soekarno tidak berdiam diri, ia mengambil beberapa langkah politis untuk mengamankan situasi.  Konon langkah itu justru semakin memicu aksi massa yang lebih besar?  Seperti apa langkah politis Presiden Soekarno dalam menstabilkan kondisi? nantikan diposting selanjutnya. :)

Catatan:
Topik ini menjadi materi belajar siswa kelas IX.

Sumber:
Buku Sekolah Elektronik IPS Kelas IX

sumber gambar:
Aksi massa Tritura

0 komentar:

Posting Komentar